Blogger news

1 Jul 2012

Google akhirnya memiliki tablet sendiri. Dalam konferensi Google I/O di San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (27/6/2012), Google meluncurkan tablet Nexus berukuran 7 inci yang dibuat oleh Asus.

Google Nexus 7, demikian nama resmi tablet ini, akan berjalan dengan sistem operasi Android terbaru, versi 4.1 kode nama Jelly Bean.


Nexus 7 dibekali spesifikasi hardware yang kuat. Ini adalah tablet 7 inci perdana dengan prosesorquad-core, menggunakan Tegra 3 dari Nvidia.

Dapur pacu lainnya, ada unit prosesor grafis GeForce 12-core, RAM 1GB, layar 7 inci IPS beresolusi 1280x800 pixel, dan baterai berkapasitas 4325mAh yang diklaim memiliki daya tahan baterai 9 jam ketika digunakan untuk memainkan video.

Tablet ini telah mendukung fitur Near Field Communication (NFC). Sayangnya, tak ada kamera belakang, hanya ada kamera depan 1,2MP dan hanya tersedia model Wi-Fi. Jika kelak Google Nexus 7 masuk Indonesia, ia akan berkompetisi dengan Samsung Galaxy Tab 2 berukuran 7 inci.

Nexus 7 akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan aplikasi browser Google Chrome pra-install, menggantikan browser bawaan Android.

Tablet ini juga akan menggunakan peta digital Google Maps terbaru, yang bisa diakses secara tanpa koneksi internet (offline).

Google Nexus 7 akan dijual dengan harga 199 dollar AS untuk versi 8GB dan 249 dollar AS untuk 16GB.

Mulai dikirimkan ke Amerika Serikat, Kanada, dan Australia pada pertengahan Juli 2012. Masa pra-order Google Nexus 7 sudah dibuka dan bisa dipesan lewat toko online Google Play.