Blogger news

14 Jul 2013

Polusi udara dan juga debu sudah semakin terasa mengganggu lingkungan, udara di sekitar kita sudah semakin tidak higienis lagi. Apalagi jika tempat tinggal kita berada di tepi jalan yang ramai lalu lalang kendaraan. Hal ini pastinya berdampak pada sebagian barang terutama alat-alat elektronik, seperti televisi, CPU, keyboard, layar monitor dan masih banyak lagi.

Untuk tips kali ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan layar monitor. Layar monitor merupakan bagian yang bisa dibilang 99% selalu kita lihat saat beraktivitas dengan komputer, akan sangat tidak nyaman jika monitor kita terlihat kotor atau buram karena debu yang tebal atau mungkin karena salah kita merawatnya selama ini.


Layar monitor sejenis LCD atau LED sangat mudah tergores, tanpa penanganan yang benar dan ditunjang dengan peralatan yang mumpuni, bisa jadi layar monitor Anda lambat laun semakin menurun kualitasnya. Berikut beberapa tips cara merawat dan membersihkan layar monitor.


Cara Merawat Layar Monitor
Hindari membersihkan layar monitor menggunakan kain berbahan handuk kertas, kertas toilet, kertas tisu, atau kain kasar lainnya.
Jangan menggunakan bahan pembersih yang mengandung amonia, etil alkohol, aseton, toluena, asam etil, atau metil klorida.
Jangan menyemprotkan zat cair yang bukan merupakan cairan khusus pembersih monitor secara langsung ke layar monitor. Ini bisa menyebabkan kerusakan, terlebih lagi jika monitor dalam kondisi menyala.
Lakukan pembersihan monitor dalam keadaan mati atau layar tidak menyala. Jika Anda baru saja mematikan layar monitor untuk membersihkannya, biarkan layar dingin terlebih dahulu.
Jangan pernah melakukan tekanan keras ke monitor dengan jari Anda, apalagi jika sampai tergores oleh kuku. Goresan pada layar LCD sangat sulit untuk dihilangkan.


Langkah-langkah untuk membersihkan layar monitor
Siapkan kuas atau kain halus yang penting tidak berbahan seperti non-ultrasoft
Usahakan agar mematikan layar monitor terlebih dahulu ketika mau membersihkan layar monitor, ini berfungsi nantinya kita akan bisa melihat layar bagian mana yang masih terlihat kotor.
Bersihkan layar monitor dengan kain kering terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan debu-debu terlebih dahulu. Jangan membersihkan dengan menggunakan tekanan, cukup menyeka ringan saja.
Setelah debu bersih, semprotkan zat cair khusus pembersih layar LCD monitor, Anda bisa membelinya di toko-toko komputer. Lakukan penyemprotan dengan jarak sekitar 30 cm, ini bertujuan agar hasil semprotan bisa merata sehingga cairan tidak menumpuk karena hal ini bisa mengakibatkan cairan menetes dan merembes ke frame monitor. Setelah di semprotkan lalu lap monitor secara perlahan dengan menggunakan kain halus semacam kain pembersih kaca mata.
Untuk tahap ini juga jangan terlalu memberikan tekanan yang keras, tetap perlahan-lahan dan kain juga harus dalam keadaan basah karena jika kain dalam kondisi kering, kotoran masih belum terangkat secara maksimal.
Pastikan semua cairan yang menetes ke bagian frame layar sudah Anda keringkan juga

Sumber : http://parkirgratis.com