Blogger news

12 Nov 2010

Memasuki usia 21 bulan, Ma sudah jarang mengunjungi blog Abigail. Abigail sudah semakin besar dan ingin terus diajak bermain. Bulan lalu ketika berumur 20 bulan, berat Abigail sudah 10,3 kg dan tinggi Abigail sudah 80,5 cm. Sudah besar kan?! Gigi Abigail juga sudah banyak, sudah 16 buah. Banyak ya?! Abigail juga sudah bisa menyikat giginya sendiri dan berkumur-kumur lho.

Sejak 2 bulan yang lalu, Abigail sudah tidak pakai pampers lagi kalau siang, kecuali jika ingin bepergian. Ma dan Pa ingin memberikan toilet learning ke Abigail. Selama ini baru berhasil ketika mau pup saja, kalau mau pipis Abigail belum bisa menahannya. Tetapi sejak seminggu ini, Abigail sudah mulai ngerti untuk pipis di kamar mandi atau paling tidak Abigail sudah memberikan tanda-tanda bila ingin pipis. Namun terkadang Ma dan Pa belum sigap menangkap tanda-tanda tersebut. Celananya sudah agak basah sedikit sebelum sampai di kamar mandi. Tentu ini sebuah proses, Ma yakin, lama-lama nanti Abigail pasti ngerti untuk tidak pipis di celana.

Di usia seperti ini, Abigail suka meniru tingkah laku orang-orang disekitanya. Tingkah lakunya menggemaskan dan membuat orang-orang tertawa. Abigail harus dibimbing supaya tidak meniru hal-hal yang buruk.

Dalam sebulan ini Abigail sudah ikut sekolah minggu di GBI Pray. Abigail sangat senang sekali diajak ke gereja, terlebih saaat lagu-lagu pujian dinyanyikan. Setidaknya Abigail dibiasakan mendengarkan lagu-lagu pujian dan bernyanyi dengan teman-emannya. Saat pertama kali masuk sekolah minggu, Abigail dikasih hadiah penggaris sebagai ucapan selamat datang. Kakak-kakak sekolah minggunya juga baik-baik dan ramah-ramah. Bila pujian dinyanyikan disertai dengan gerakan, Abigal pun mengikutinya.

Perbendaharaan kata Abigail juga sudah banyak. Sudah bisa menyebut nama teman-temannya, walupun ada beberapa yang tidak jelas, seperti misalnya Ato (Aldo), Eni (Reni), Ena(ghina), Api(rafli), Ma(Risma). Tapi nama Nia belum bisa pengucapannya. Kalau menyebut namanya sendiri, Abigail bilang Ije, hehehe… pengucapan kata-kata lain yang Abigail sudah bisa misalnya: habis, nggak mau, nenen, mama, papa, masih ada, udah, iya, dll. Sedikit-sedikit Ma juga mengenalkan anggota tubuh, dan Abigail juga sudah bisa menunjukkaannya, seperti: mata, hidung, perut, lutut, siku, ketek, pantat, dll. Bila diajarkan berhitung, Abigail agak enggan. Bila disuruh berhitung, dari satu langsung loncat empat atau lima. Dan bila Ma bilang oke sambil menaikkan jempol, Abigail juga meniru bilang oce, tapi sambil menaikkan jari telunjuk, hehehe…

Ma semaikin sayang dan bangga pada Abigail dengan segala kelucuannya, kecantikkannya.