Blogger news

22 Mar 2012

Belakangan nama serangga tomcat sering kita dengar, terutama di daerah surabaya. Serangga yang dapat  mengeluarkan cairan sehingga menyebabkan kulit gatal-gatal, bahakan bisa menyebabkan kulit melepuh. Lalu bagaimana kita mengatasinya?

Mengutip data dari Kompas.com, serangga Tomcat dalam bahasa inggris sering disebut juga Rove Beetle. Jenis kumbang ini mencangkup family Staphylinidae, terdiri dari ribuan genus dan kurang lebih 46.000 spesies. Ciri-ciri serangga ini adalah memiliki kepala warna hitam, pert berwarna oranye, dan sayap kebiran. Warna yang mencolok ini berfungsi sebagai peringatan bagi predator bahwa serangga berukuran 7-10 milimeter ini memeiliki racun.

Pada siang hari, serangga yang biasa hidup di persawahan ini terbang di tanaman padi untuk mencari mangsa berupa wereng dan hama padi lainnya. Sementara itu, pada malam hari, serangga ini cenderung tertarik pada cahaya lampu.

Menurut data Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, jumlah pasien yang menderita luka akibat kontak dengan serangga Tomcat hingga Senin (19/3/2012) mencapai 48 orang. Untuk menghadapi serangga Tomcat, Dirjen P2PL Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama dalam keterangan pers Selasa (20/3/2012) menyampaikan 10 tips bagi masyarakat untuk menghadapi serangga ini.

  • Pertama, jika menemukan serangga ini, jangan memencetnya agar racun tak mengenai kulit. Lebih baik masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati lalu buang ke tempat yang aman.
  • Kedua, hindari terkena kumbang ini dalam kondisi kulit terbuka.
  • Ketiga, usahakan pintu tertutup dan jika ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
  • Keempat, sebaiknya tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak serangga ini.
  • Kelima, jika serangga Tomcat sangat banyak, sebaiknya lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh terkena manusia.
  • Keenam, jangan menggosok kulit dan atau mata jika kumbang ini terkena kulit.
  • Ketujuh, jika kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan cara meniup atau neggunakan kertas secara hati-hati.
  • Kedelapan, lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Jika ternyata ada serangga ini, segera Anda basmi dengan menyemprotkan racun serangga.
  • Kesembilan, segera beri air mengalir dan sabun di kuli yang bersentuhan dengan serangga ini.
  • Kesepuluh, bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang terawat.



Sumber : Kompas Klasika, 22 Maret 2012