Blogger news

14 Jun 2012

Bila kita sering beraktifitas di luar ruangan, sinar matahari akan membuat kulit kita terbakar. Atau bila kita suka berjemur di pantai, memang mengasyikan, tapi efeknya, kulit bisa terbakar. Kemerahan, mengelupas, menghitam, dan muncul rasa perih luar biasa.

Hal tersebut bisa terjadi jika Anda tak mengenakan tabir surya atau formulanya tak cukup kuat melindungi kulit. Saat kulit mulai mengelupas atau terasa perih, tak perlu langsung panik. Coba saja redakan dengan lima bahan alami ini. 
1. Mentimun
Tak hanya bagus untuk mengatasi mata sembap, mentimun juga sangat bagus untuk kulit terbakar. Kandungan cairannya mampu membantu kulit mengembalikan kadar kelembaban secara alami. Iris mentimun dan letakkan di area kulit yang terbakar matahari.  

2. Lidah buaya 
Tumbuhan satu ini mengandung bahan antibakteri alami. Bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri dan kemerahan pada kulit. Cukup dinginkan daun lidah buaya dalam lemari es.

Setelah dingin, buka lapisan atasnya hingga bagian dalam yang berupa gel terlihat. Lalu, tempelkan di area tubuh yang terbakar, diamkan selama sekitar lima menit.

3. Tomat
Buah satu ini, seperti dilansir dari Real Beauty, memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengatasi peradangan kulit. Dinginkan satu buah tomat dalam lemari es.

Setelah cukup dingin, hancurkan dengan sendok dan lekatkan pada area kulit yang terbakar matahari. Kulit kemerahan bisa diatasi dengan cara ini. 

4. Teh chamomile 
Nikmat diminum dan bisa jadi obat saat kulit terbakar matahari. Celupkan kantung teh chamomile dalam air hangat. Peras kantung teh untuk mengurangi kelebihan air. 

Masukan dalam lemari es selama sekitar 30 menit. Tempelkan kantung teh dingin dengan cara menekan-nekan perlahan di titik-titik kulit yang terbakar matahari selama lima menit. 
5. Baking soda
Untuk luka bakar yang cukup besar di area punggung atau kaki, tuangkan setengah cangkir baking soda di bak mandi dan berendam sedikitnya sekitar sepuluh menit.

Jika luka bakar terbatas pada area tubuh tertentu, seperti bahu atau lengan, campuran baking soda dan air dingin. Lalu, aplikasikan pada kulit dengan kain lembut. Bubuk basa ini memiliki sifat antijamur untuk mencegah infeksi pada luka bakar.