12 June 2012



Bingung mencari peluang usaha yang tidak ada matinya? Kenapa tidak mencoba usaha toko perlengkapan bayi? Peluang usaha toko perlengkapan bayi ini tergolong usaha yang unik karena mencakup target pasar yang luas, mulai dari kalangan ekonomi menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Hal ini mengingat kebutuhan bayi adalah hal yang mutlak dan tidak bisa diabaikan.

Laju pertumbuhan penduduk dari masa ke masa tetap saja tinggi meski pemerintah mengusahakan segala macam cara untuk menekan pertumbuhan penduduk dengan program-program Kelurga Berencana (KB). Inilah sebenarnya yang membuka peluang para pengusaha toko perlengkapan bayi untuk terus berkembang.

Alasan Memilih Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Ada beberapa alasan kenapa peluang usaha membuka toko perlengkapan bayi perlu masuk dalam daftar Anda, yaitu sebagai berikut.
  • Bisnis toko perlengkapan bayi tidak ada matinya. Peristiwa kelahiran akan selalu ada karena ini merupakan bagian dari siklus kehidupan. Tentunya setiap bayi yang dilahirkan tidak saja membutuhkan kasih sayang dan ASI, namun juga berbagai perlengkapan yang mendukung perkembangannya.
  • Selalu menjadi kebutuhan yang mendesak. Belanja perlengkapan bayi akan selalu menjadi kebutuhan yang mendesak bagi setiap keluarga yang memiliki bayi. Kebutuhan untuk mendapatkan perlengkapan bayi di toko perlengkapan bayi tidak bisa diabaikan dan menjadi prioritas pertama karena kondisi bayi yang masih rapuh sangat bergantung pada segala perlengkapan yang mendukung tumbuh kembangnya.
  • Target pasar toko perlengkapan bayi yang luas. Seperti disinggung di awal, bisnis toko perlengkapan bayi memiliki target pasar yang luas karena semua orang yang memiliki bayi pasti membutuhkan perlengkapan bayi. Target pasar toko perlengkapan bayi ini mencakup segala lapisan, mulai dari kalangan ekonomi menengah ke bawah hingga menengah ke atas.
  • Toko perlengkapan bayi kebal krisis. Mengingat sifatnya yang mendesak dan penting, maka kebutuhan akan perlengkapan bayi tidak bisa diabaikan meski di masa krisis ekonomi sekalipun. Demand atau permintaan akan perlengkapan bayi tidak pernah surut meski di masa krisis. Itulah kenapa bisnis toko perlengkapan bayi ini disebut sebagai salah satu usaha kebal krisis.

Aneka Jenis Produk yang Dijual di Toko Perlengkapan Bayi

Membuka toko perlengkapan bayi sebaiknya tidak hanya fokus pada perlengkapan bayi semata, tetapi jika ada modal yang cukup. Sebaiknya juga dilengkapi dengan beragam variasi mainan. Jadi barang-barang yang sebaiknya ada di toko perlengkapan bayi itu lengkap mulai dari baju, popok, bantal, selimut, perlak, bedak bayi, peralatan mandi bayi, botol susu, dan mainan bayi serta anak-anak.
Kenapa harus menyediakan ragam produk kebutuhan bayi dan anak-anak dengan lengkap? Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja perlengkapan bayi. Pada umumnya, konsumen Anda adalah para orang tua yang berbelanja perlengkapan bayi untuk anak-anak mereka. Tentunya akan sangat repot bagi orangtua yang memiliki anak masih kecil untuk pergi berbelanja perlengkapan bayi di beberapa tempat. Konsep one stop shop tentunya akan menjadi pilihan menarik bagi mereka.

Modal dan Tip Buka Usaha Toko Perlengkapan Bayi

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis toko perlengkapan bayi cukup menggiurkan, meski modalnya juga tidak sedikit. Kisarannya antara 15 juta hingga 50 juta rupiah. Besarnya modal tersebut diperlukan untuk kulak beragam produk perlengkapan bayi seperti yang dibahas di atas.
Jika Anda memiliki tempat sendiri yang cocok digunakan sebagai toko, ini akan mengurangi biaya sewa tempat yang biasanya akan terus naik setiap tahunnya. Jika ingin memulai membuka toko perlengkapan bayi kecil-kecilan, mungkin Anda bisa membuka gerai di bagian depan rumah Anda atau bahkan di garasi yang disulap menjadi toko yang nyaman dan bersih.
Ada pos pengeluaran lain yang bisa Anda tekan dalam bisnis toko perlengkapan bayi ini, yaitu faktor pegawai atau karyawan. Di masa-masa awal memulai usaha toko perlengkapan bayi, Anda bisa terjun langsung menjaga toko untuk menghemat pengeluaran. Jika kemudian toko semakin berkembang dan Anda semakin kewalahan menangani konsumen, baru rekrut karyawan yang bisa dipercaya dan luwes dalam menangani anak-anak.
Terjun langsung untuk menjaga toko ada keuntungan tersendiri bagi Anda. Dengan bertatap muka dan berkomunikasi langsung dengan konsumen, Anda bisa mendapat banyak hal tentang apa yang konsumen inginkan. Ini merupakan cara praktis untuk melakukan riset pasar demi mengetahui seperti apakah selera pasar yang Anda bidik.
Kadang sebuah produk yang inovatif muncul dari masukan konsumen. Oleh karena itu, selalu sediakan telinga Anda untuk mendengar segala apa yang konsumen inginkan.
Berikut tip-tip yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka usaha toko perlengkapan bayi.
  • Cari lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis artinya tempat yang ramai dilalui orang. Meski demikian, untuk lokasi toko perlengkapan bayi juga tidak menutup kemungkinan di kawasan perumahan yang sepi. Jika banyak penghuni perumahan yang memiliki anak usia bayi, tentunya itu akan menjadi peluang bagi Anda. Dalam memilih lokasi toko ini, sebiknya Anda juga mempertimbangkan faktor jarak, biaya sewa, serta transportasi dari toko ke rumah Anda dan sebaliknya.
  • Tanggap dengan model ter-update. Teruslah memperluas wawasan dan mengikuti perkembangan tren perlengkapan bayi sehingga barang-barang yang Anda jual tidak ketinggalan zaman.
  • Lengkapi dengan area bermain anak-anak. Jika toko perlengkapan bayi Anda cukup luas, sediakan ruang sebagai area bermain anak-anak. Hal ini akan membuat anak-anak kecil betah berlama-lama berkunjung ke toko Anda.
  • Cari distributor perlengkapan bayi yang berkualitas. Memilih barang-barang untuk bayi dan anak-anak sebaiknya dilakukan dengan teliti. Kualitas dari barang-barang harus benar-benar Anda perhatikan agar tidak merugikan atau melukai bayi dan anak-anak kecil yang masih rapuh. Kualitas barang yang bagus menjadi poin plus tersendiri bagi Anda. Mungkin harganya sedikit lebih mahal daripada barang yang sama yang dibuat dengan bahan berbeda, namun toko Anda akan menjadi rujukan pertama bagi para orangtua yang tidak mau nego kualitas untuk keperluan anak-anak mereka.
  • Lengkapi dengan perlengkapan ibu. Jika Anda memiliki modal yang cukup, lengkapi pula koleksi toko perlengkapan bayi Anda dengan perlengkapan ibu. Misalnya baju ibu hamil baik formal maupun non formal, baju ibu yang senada dengan baju balita, dan sebagainya.
  • Pelayanan yang hangat dan bersahabat. Berbisnis di dunia anak-anak adalah sebuah seni tersendiri karena Anda juga harus menunjukkan kebolehan dalam berkomunikasi dengan anak-anak. Berikan pelayanan yang hangat dan bersahabat baik bagi para orangtua maupun anak-anak agar memberi kesan yang mendalam bagi mereka. Alhasil, di lain kesempatan jika mereka butuh untuk belanja perlengkapan bayi lagi, tanpa pikir panjang mereka akan kembali ke toko perlengkapan bayi Anda.
Setelah Anda membuka toko perlengkapan bayi, kadang itu saja tidak cukup. Anda juga harus terus berkreasi melakukan strategi marketing untuk mendongkrak penjualan Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari marketing dari mulut ke mulut, membuka toko online, hingga membuka gerai di mal atau toko swalayan besar.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat membuka toko perlengkapan bayi milik Anda sendiri!