Blogger news

21 Mei 2012




Bersepeda kini menjadi tren, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun gemar bersepeda. Tak heran banyak orang tua membelikan sepeda untuk si buah hati. Dengan bersepeda maka si anak akan beraktivitas fisik dan dapat melatih ketrampilan motorik, anak pun akan bahagia saat memiliki sepeda sendiri. Lalu bagaimana memilih sepeda yang cocok untuk anak?? Karena banyaknya pilihan sehingga sulit untuk memilih yang cocok untuk si anak. Oleh karena itu, selain harga, ada beberapa hal yang perlu dicermati bila kita ingin membelikan sepeda untuk buah hati kita.



Pertama, ukuran sepeda  menjadi hal yang utama yang perlu diperhatikan, sama halnya dengan kenyamanan. Untuk itu, saat memilih pastikn anak merasa nyaman duduk di atas sadel sementara kedua kakinya dapat menyentuh tanah. Demikian pula saat anak mengayuh, pastikan agar kaki anak tidak menyentuh setang sepeda. Selain tidak nyaman, hal ini akan mengganggu kenyamanan saat sepeda digunakan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika anak duduk di atas sadel. Yakinkan pula ia dapat meraih setang dengan mudah, tidak terlampau jauh dan tidak terlampau dekat.


Kedua, rem dan bahan velg. Bahan yang baik untuk velg adalah yang terbuat dari logam campuran (metal alloy) atau alumunium karena saat basah bantalan rem dapat lebih mencengkeram di kedua bahan tersebut. Ujilah kerja rem sebelum memilih. Jika tidak memungkinkan untuk mengemudikan sepeda itu dengan sejenak, anda dapat menguji rem dengan cara memutar ban dan lakukan pengereman. Pastikan rem bekerja dengan baik dan tidak bersuara.


Ketiga, rangka sepeda merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Selain harus kuat, sepeda pun harus memiliki rangka yang lurus dari depan sampai belakang. Anda bisa mengetahui kelurusan rangka dengan cara melihat dari arah ban depan (posisi lurus) ke belakang. Jika ban depan dan ban belakang terlihat lurus, sepeda tersebut bisa dipertimbangkan.


Selamat memberi kejutan untuk si buah hati..