Blogger news

9 Apr 2012


Amanda (29), seorang pengacara, mengaku sejak ada air minum yang dijual dalam kemasan botol. Ia sekarang tak perlu lagi repot-repot memasak air untuk minum dirumah. Menurutnya, selain lebih praktis air minum dalam kemasan lebih higienis dan murni. “Air dalam kemasan lebih sehat lho dibanding air rebusan, khan..enggak ada campurannya”, ujarnya memberi alasan. Betulkah demikian?

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan air minum dalam kemasan (AMDK) ini sedang berada diatas angin. Dipasaran pun bertebaran banyak sekali merknya, dari yang kemasan gelas plastik, botol plastik sampai galon yang berisi 19 ltr. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah benarkah AMDK ini terbukti lebih sehat dan lebih higienis seperti yang dikatakan oleh Amanda? Padahal menurut data tertulis, di negeri paman Sam telah tercatat bahwa sebagian besar merk AMDK yang beredar dipasaran ternyata tidak memenuhi standart kesehatan. Ini berarti AMDK belum tentu menyehatkan dan higienis khan?

Jika di USA kondisinya ternyata seperti itu, sekarang bagaimana dengan di Indonesia sendiri? Mengingat lemahnya sistim pengawasan dan maraknya produk tiruan di pasaran. Agar tak lagi rancu, sekarang mari kita tengok apa sih sebenarnya definisi air sehat itu? Air sehat adalah air bersih yang tidak menimbulkan diare atau penyakit perut lainnya. Jadi, air ‘manual’ yang dididihkan dirumah bisa tergategorikan dalam air yang sehat untuk diminum. Sebab telah melalaui proses perebusan sampai mendidih.

Sedangkan air minum dalam kemasan, harus memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Yang tentu saja juga harus diolah sedemikian rupa sehingga air minum tersebut layak untuk diminum. Pengolahan air minum dalam kemasa inipun juga harus menggunakan beberapa bahan kimia sebagai upaya untuk penjernihan dan penghilangan bau. Belum lagi proses kaporitasi, ozonisasi serta penyinaran ultra violet untuk menghilangkan parasit tertentu. Sedangkan darimana sumber air tersebut berasal ternyata bukanlah syarat muntlak untuk dijadikan air minum dalam kemasan.

Nah, dari sini Anda seharusnya bisa menilai manakah yang lebih sehat. Air rebusan atau air minum dalam kemasan? Silahkan Anda memilih!