Blogger news

11 Apr 2012

Pembentukan massa tulang di usia muda sangatlah penting. Tujuanya agar datangnya proses keropos tulang pada saat manula bisa diperlambat atau bahkan dihindari. Sebetulnya, penyakit ini dapat terjadi pada semua orang tanpa kecuali, yang membedakan hanyalah perberbedaan waktu terjadinya dan tingkat keparahannya saja.





Apa sebetulnya osteoporosis itu dan bagaimana terjadinya?
Osteoporosis terjadi karena massa tulang yang berkurang. Akibatnya tulang menjadi kurang padat, rapuh dan mudah patah terutama pada bagian pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang. Penyakit ini berkembang sangat lamban, dan berjalan seiring dengan bertambahnya usia. Itulah sebabnya penyakit ini relatif sulit dikenali sejak dini.
Mengapa wanita lebih besar peluangnya terkena osteoporosis?
Menurut para ahli, timbulnya osteoporosis berhubungan dengan perubahan fungsi hormonal pada wanita. Ini juga berkaitan erat dengan siklus haid atau menstruasi. Sebab, indung telur wanita mampu memproduksi hormon estrogen, dan hormon estrogen inilah yang menjaga agar tulang tidak keropos. Itulah sebabnya mengapa wanita pasca-menaupose paling rawan terhadap penyakit ini.
Faktor apa saja yang mempengaruhi laju terjadinya osteoporosis?
Kebiasaan makan dan gaya hidup mempengaruhi laju terjadinya. Tulang di tubuh kita merupakan jaringan hidup yang sebagian besar dibentuk oleh kalsium, sehingga beberapa kebiasaan makan dan gaya hidup yang buruk dapat memberikan pengaruh negatif terhadap penyerapan kalsium oleh tubuh. Misalnya,
Konsumsi serat yang berlebihan dapat menganggu penyerapan mineral terutama kalsium dan sejumlah vitamin. Walaupun serat terbukti banyak manfaatnya bagi kesehatan, tetapi mengkonsumsi secara berlebih juga tidak baik. 
Penggunaan obat-obatan tertentu secara berlebih dan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menghambat penyerapan kalsium (antasid, diuretik, tetrasiklin dan heparin). Bila terpaksa harus menggunakannya, konsumsi kalsium harus ditingkatkan untuk mengatasi ketidakefisienan penyerapan kalsium.
Kebiasaan merokok, minum minuman alkohol, minuman berkafein (teh, kopi), dan minuman bersoda juga dapat menghambat penyerapan kalsium. 
Bagaimana cara menghambat datangnya osteoporosis?
Dengan memaksimalkan pembentukan massa tulang pada masa remaja. Caranya: Konsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup. Olah raga secara teratur dan mengubah kebiasaan makan. Sedapat mungkin kebutuhan harian kalsium harus terpenuhi dari bahan makanan yang baik mutunya, mudah dicerna, diserap dan digunakan oleh tubuh.