Blogger news

13 Apr 2012



Saat ini pemandangan orang mengkonsumsi bawang putih mentah-mentah kian tak asing lagi. Belakangan sudah makin banyak orang yang menyadari manfaat dari bawang putih terutama untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai bumbu penyedap masakan ternyata bawang yang satu ini punya banyak kandungan zat yang berkhasiat tinggi. 


Bahkan suatu penelitian dari The American Society of Microbiology Antimicrobial Agent and Chemoteraphy menjelaskan, bahwa bawang putih meskipun menimbulkan bau yang tidak sedap namun dapat mengatasi berbagai infeksi yang dihasilkan oleh kuman-kuman.  


Apa saja sih zat berkhasiat tinggi dalam bawang putih yang dapat menyembuhkan penyakit? Simak!  



  • Bawang putih dikenal mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) si kolestrol baik. 
  • Di dalam batangnya terdapat zat kalium yang bersifat menenangkan sehingga bisa mencegah hipertensi. 
  • Mengandung zat Allicin yang didapat dengan menumbuk bawang putih tersebut. Zat ini akan menyembuhkan luka pada kulit karena bersifat anti bakteri dan anti septic. 

  
Nah, jika Anda punya sederet penyakit di bawah ini, Anda bisa mengobatinya dengan bantuan si bawang putih, lewat resep berikut ini:  

  •    Radang Lambung (Maag) 

 6 gram bawang putih ditumbuk, ditambah sedikit garam lalu dicampur air matang yang hangat dan diminum. Kalau tidak mau meminumnya, Anda dapat menempelkannya di pusar dan telapak kaki setelah sebelumnya ditumbuk. Kalau penyakitnya sudah akut dapat dilakukan 2 kali sehari tetapi kalau masih dalam kadar biasa cukup satu kali saja.   

  •   Disentri 

 Ambil 10 gram bawang putih lalu ditumbuk halus dan direndam dalam air matang yang hangat selama setengah hari. Tambahkan sedikit gula atau madu lalu diminum 3 kali sehari.   

  •   Batuk / TBC 

 Pilih bawang putih yang warna kulitnya agak keungu-unguan. Dikupas dulu kemudian ditumbuk halus dan ditambahkan air hangat. Rendam setengah hari tambahkan gula dan diminum. 

  •    Bisulan 

 Bawang putih ditumbuk halus dan dioleskan pada bisul yang ada. 
   
Buat Anda yang masih belum bisa membayangkan menelan bawang putih mentah-mentah dengan aromanya yang kuat ini, ada baiknya Anda mencoba dengan cara lain. Goreng irisan atau rajangan bawang putih dalam jumlah banyak, simpan rapat di dalam toples dan jadikan sebagai camilan sehat!