Blogger news

14 Apr 2012


Makanan tak hanya mampu membuat badan kita menjadi sehat, tetapi juga mampu menghasilkan energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Selain itu, beberapa makanan tertentu ternyata dapat menjadi sumber tenaga bagi otak kita. Banyak studi yang menyatakan, pemilihan makanan yang tepat dapat meningkatkan kekuatan otak sampai 50%.  


Telur dan susu
Kedua bahan ini mengandung choline, suatu zat pembangun dari acetylcholine yang dapat berfungsi sebagai pelumas otak. Mampu mempercepat sirkuit ke otak sehingga otak dapat bereaksi dengan cepat. 
Bagi yang tidak bermasalah dengan kolestrol dan jantung dianjurkan untuk mengkonsumsi telur sehari 2 butir.  
   
Biji labu
Merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi termasuk mineral yang memegang peranan paling besar dalam mengangkut oksigen ke jaringan-jaringan otak. Zat besi juga mampu meningkatkan kosentrasi dan ingatan. Disarankan mengkonsumsi segenggam penuh biji labu tiga kali seminggu.  

Blueberry
Buah ini dapat meningkatkan daya kerja sel-sel otak, sehingga sel-sel otak dapat saling berkomunikasi dengan baik. Juga melatih keseimbangan dan koordinasi otak. Sehingga otak dapat berpikir dengan jernih. Sebagai saran, cobalah mengkonsumsi buah ini ½ cangkir setiap hari.  

Ikan tuna
Kandungan DHA atau omega-3 nya yang tinggi mampu mendorong tubuh untuk membentuk lebih banyak sel-sel otak. Dengan demikian kekuatan, kecepatan, ingatan, daya tangkap otak lebih meningkat. Dianjurkan untuk makan 2 sampai 3 porsi ikan tuna per minggu. Itu sudah cukup bagi otak. 
    
Kopi
Anda cukup minum 1 sampai 2 cangkir kopi sehari. Kafein memiliki kekuatan untuk merangsang pertumbuhan sel-sel saraf baru, meningkatkan kesiagaan, menyimpan memori dan dan konsentrasi. Tapi ingat, kopi lebih dari 2 cangkir dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stres.  
    
Gula
Bahan pangan ini mampu meningkatkan kesiagaan dan energi tetapi juga membangun dasar dari bahan bakar otak. Sebaiknya pilih gula alami yang berasal dari buah-buahan segar.