17 Apr 2012


Penjualan skutik Yamaha Indonesia mulai meningkat, perlahan tapi pasti.
Untuk skutik retro, Fino, di tahun perdananya Yamaha juga berhasil menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan dari 19.883 unit (Februari) menjadi 32.591 unit (Maret).



”Tiga skutik baru (Mio Fino, Mio J dan Soul GT) terus menguatkan penjualan Yamaha di Indonesia. Kami berupaya menggenjot penjualan sampai akhir tahun," ujar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam keterangan resmi yang diterima KompasOtomotif, Selasa (17/4/2012).

Menurut data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan Yamaha pada Maret 2012 naik 8,1 persen menjadi 141.452 unit dari bulan sebelumnya 130.800 unit. Kontribusi terbesar berasal dari Mio J, terjual 70.064 unit, disusul Mio Fino (32.591 unit) dan Soul GT (10.215 unit). Tingginya penjualan Mio J sekaligus mengindikasi terjadi peralihan tren konsumen dari karburator ke injeksi.

Meski naik, tahta pemimpin pasar skutik nasional berada digenggaman Honda sampai kuartal pertama 2012. Honda mencatatkan pangsa pasar 60,8 dan Yamaha (34,3 persen) dan Suzuki (4,7 persen) dari total pasar skutik Januari-Maret 2012 1.065.783 unit.

Untuk sport, Yamaha masih mendominasi melalui Vixion dengan total penjualan (Maret) 39.439 unit. Kontribusi V-Ixion mencapai 22.886 unit disusul Byson (15.002 unit) dan Scorpio (1.551 unit). Secara total, Yamaha melego 246.203 unit sepeda motor pada bulan ketiga tahun ini.

sumber: kompas.com